Thursday 8 March 2012

Pumpkin Bread

Pumpkin Bread

Pumpkin Bread

Karena ada labu sisa yang masih nganggur di kulkas, akhirnya tadi aku kukus sambil googling resep labu di internet. Dapatnya cake labu di "Just Try & Taste" yang ternyata resep aslinya adalah Pumpkin Bread ngambil dari "Simply Recipes". Kenapa namanya bisa beda?? yang satu cake dan yang satunya roti. Iya...kalau di luar negeri cake yang pake baking powder dan di taruh di loyang loaf juga disebut bread walaupun quick bread karena gak pake fermentasi. Contohnya banana bread and pumpkin bread ini. Sedangkan kalo di Indo yang namanya roti ya pake ragi. Tapi berhubung aslinya resepnya pumpkin bread ya aku namain itu aja, hehe

Resep aslinya bisa dilihat di Simply Recipes. Di bawah ini aku modifikasi sedikit...

Bahan :

- 200 gr tepung terigu protein sedang
- 200 gr gula halus
- 1/2 sdt garam halus
- 1 sdt baking soda
- 1 cup (sekitar 250 gr) labu kukus halus
- 120 ml olive oil
- 2 butir telur, kocok lepas
- 1/4 cup air (aku pake susu cair)
- 1 sdm bumbu spekku (aku bikin dari kayu manis, pala, cengkeh dan kapulaga)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 180C atau 350F. Olesi loyang loaf dengan margarine dan taburi ttepung.
  2. Dalam mangkuk, ayak tepung, soda kue, gula dan garam.
  3. Dalam wadah, campur labu, minyak, telur, bumbu spekku dan susu cair. Masukkan bahan campuran tepung, gula, soda kue dan garam. Aduk asal rata jangan overmix.
  4. Tuang di loyang loaf dan panggang sekitar 50 menit atau apabila ditusuk keluar dalam keadaan kering.

Pumpkin Bread

Pumpkin Bread


Wuiiiih, wanginya kue ini. Panas panas keluar dari oven aku olesi butter...haruuuumnya! Pas aku potong, teksturnya lembut di dalam dan garing di permukaannya. Sama sekali enggak ada trace bau olive oil, kayaknya ketutup sama bau bumbu spekku. Apalagi bumbu spekkunya homemade, bener bener wangi asli. Sayang bumbu spekkuku udah mau habis. Kayaknya harus segera bikin lagi nih tuk persediaan baking-bakingan berikutnya.

Enak dah pokoknya...cara tepat menghabiskan labu niy...hehe, beber bener gak nyesel!



31 comments:

ibudirafisa said...

Tooos mbak Hesti..
hari ini kita sama2 bikin cake berbumbu..
boleh nih resep ini ntar aku cobain juga..
disini labu buanyak dan murah harganya mbak..

Hesti HH. said...

*tossss* iya uni, aku jg barusan ke blog tp belum kasih komen, hihi. Emang ya feeling kita so strong hahahaaaa. Cobain deh uni,ini cakenya moist dalamnya. Tapi paling enak kalo bumbu spekuknya ditambah cardamon dikit, lebih wangiiii!

Ira Rodrigues said...

I love pumpkin hes! you got to be kidding me of posting it out as yesterday i baked some pumpkin bread too! kok samaan ya hahaha. and you guess! i use bumbu spekuk too!

CT Delima said...

As'salam Hesti

Ya bau aroma pumpkin bread nya udah sampe ke dapur ct, tu yang terus mampir kesini. sama juga dalam kulkas ada sebiji lagi labu yang belum disentuh. beli kemarin malam ingat mahu buat pengat, tapi enggak jadi..hehehe. k.ct mahu coba juga resep ni Hesty, bisa kan :)

Hesty..bisa engggak diberi cara pembikinan homemade bumbu spekku, mungkin k.ct juga jadi senang enggak payah beli sebab udah ada yang homemade..hihi

Hesti HH. said...
This comment has been removed by the author.
Hesti HH. said...

Hhhaaaaah?? tooos juga Mbak Ira...hihi pada demam bumbuk spekuk ini kayaknya...segera meluncur ke blog!

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam Kak CT...

Iya Kak...ayo dicoba. InsyaAllah aku segera posting resep home-made spekuknya. Memang sudah ada niat karena bumbu spekukku juga sudah habis...

Ri2n said...

mba...salam kenal nih sy ri2n asli bogor tp skrg tgl d dompu..

Dari kmrn sy liat resepny mb ini kykny enak2...

Hal yg bikin saya betah dan setia menanti update terbaru mb adalah gaya penyampaian mba yg lain dari yg lain..

1. Komentar anak2 dan suami thdp makanan yg dibuat mb
2. Tips2 dan kegagalan yg mba pnh lakukan diceritakan sehingga mnjdi pembelajaran bwt yg baca
3. Menceritakan pula kekurangan dr hasil akhir makanan bikinan mb
4. Foto yg bikin ngiler yg bnr2 buatan sndiri dan jg real jujur foto asli yg gagal pun jg difoto hehe..
5. Keramahan dari tuan rumah mnjawab setiap permasalahn pembaca saat membuat resep mb..

Pokokny TOP dah..

Mb request mochi isi eskrim ya...

Hesti HH. said...

Salam kenal juga MBak Ririn...ternyata jauh juga ya MBak Ririn mengembara, dari Bogor sampe ke Dompu, hehe

Baru baca komennya udah senyam senyum sendiri. Makasih banyak atas komen manisnya mbak, semoga jadi pembelajaran tuk aku juga, apa sih sebenarnya yang disenangi pembaca dan bagaimana cara ngeposting biar pembacanya gak bosan. Semoga besok besok daku bisa tambah semangat lagi.

Mochi isi ice cream sbnrnya udah lama pengen bikin tapi belum tahu rahasianya dimana biar isian es krimnya gak keburu meleleh sblm dipotong, hehe ^.* entar aku cari wangsit dulu yaaaa...

fika said...

mba Hesti.. itu yg 200gr protein sedang pada bahan, maksudnya tepung kan ya?? always love your post..love it ;)

Hesti HH. said...

Hehe *garuk garuk kepala* iya, kelupaan tulisnya. Biasa gitu kalo lagi buru-buru posting mbak. Makasih infonya, entar aku perbaiki ya ^^

Anonymous said...

Mba Hesti^^ mau tanya. Sy agak bingung dengan yg dimaksud loyang loaf. Jenis loyang loaf itu apakah sama juga dg spt pyrex persegi?? Sy perhatikan loyang Mba Hesti dari alumunium. kl misalnya penggunaan loyang loaf diganti dengan pyrex apakah nti pengaruh ke kematangan kuenya? terimakasih untuk infonya, maklum newbie :(

Endah-Sby

Hesti HH. said...

Mbak Endah, yang dimaksud loyang loaf itu loyang persegi panjang yang agak tinggi seperti kalo bikin brownies atau roti tawar kecil. Jadi bahannya terserah mau apa saja tp memang umumnya alumunium.

Kalau loyang loafnya dari pyrex tinggi nungkin butuh waktu lebih lama karena lebih tebal jadi bisa beresiko kuenya kering.

Anonymous said...

haloo mba hesti.. aku barusan ngeluarin dari oven pumpkin breadnya. ini percobaan yg ke2. yg pertama aku pake resep dari blog orang bule, tapi g jadi.cakenya jadi lembuuuut banget. malah klo dipotong ancur.jadi hr ini aku cb pake resep mba.labunya ak cm pny 200gr. trs bumbu spekuknya g pny.jd ta ks kayu manis bubuk aj. jadinya uenak tenan mba. warna n penampakannya persis sama yg difoto mba.
wah klo baking hasilny begini terus sih, bs jd hobby baru nih.

thanks for sharing...

Hesti HH. said...

Alhamdulillah kalau suka ma resepnya mbak, makasih ya dah laporan. Biasanya hancur itu karena kebanyakan baking powder/baking soda.
Ditunggu resep resep berikutnya ya...

Anonymous said...

makasih y mba hesti.. sebenarny aku uda cb bnyk bngt resep dr mba hesti.dan selalu pos coment,hehe...

Lita said...

Mb'hesti ini menggunakan 200gr gula Halus ya?

Lita said...

Maaf mb cuma meyakinkan aja kalau bukan gula pasir :-)

Hesti HH. said...

benar mbak, saya pakai gula pasir diblender...

Anonymous said...

mba hesti..d rmh ga ada olive oil..apa bisa di ganti ama minyak bimoli ya..?

Hesti HH. said...

Boleh mbak, aku jg biasa pakai itu ^^

Anonymous said...

2 minggu baca blog mbak hesti, 4x praktekin kuenya (cake labu 2x, kue coklat eggles sama super moist cake cokelat) dan berat badan sayapun naiklah 2 kilo. Hahaha.. Salam kenal yah mbak.. Hari ini mau bikin pumpkin bread pake resep diatas. Wish me luck ^^ -oky, malang-

hera said...

Ass. Kue ini baru saja saya keluarkan dari oven, hmmm memang harum mbak Hesti. Saya pakai susu cair coklat n minyak masak biasa (sdh kepingin sekali coba resep ini soalnya ada labu sisa sayur) n pakai taburan kenari. Enaaak, terima kasih lagi mbak Hesti

Hesti HH. said...

Hahahaha...mbak aja 4x praktek naik 2 kg. bayangin aja saya ^^
Okey semoga resepnya sukses dan suka sama hasilnya ya, ditunggu kabarnya...

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,

Makasih juga mbak udah nyobain dan kabarin hasilnya ke aku. Semoga hasilnya nggak mengecewakan ya ^^

andrianykh said...

Sdh dicoba dan rasanya enaak

Hesti HH. said...

Alhmadulillah...

putri arninda said...

Mbak hesti, boleh tau g mbak hesti pake oven merk apa y?

Hesti HH. said...

Saya pakai kompor/oven kelvinator mbak...

Unknown said...

alow m'hesti saya barusan bikin,labu kuning disini byk & manis,jd gula saya kurangin dikit trus tdk pake bumbu spekuk krn tdk ada jd kayumanis bubuk aja,yg ada anakqu baru plg sekolah(TK c) lgs endus2 bau harum,iya lembut enaaak & sama percis ama di foto m'hesti,anak jg suka nih,oiy aq tambahin whipcream dikit pas mkn biar ada hiasannya dikit(^^)arigatoooo resepnya,heeemm bsk2 mo nyoba apa lg yach...resep m'hesti bikin org pengen nyoba semuaaa (^^)

Hesti HH. said...

Waaaah, alhamdulillah kalo suka mbak, kabari kalau bikin yg lain lagi ya. Semangaaat !!!

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...